3 Rekomendasi Obat Pilek Anak yang Bisa Anda Beli di Apotek

zea 0
obat pilek anak 1 tahun

Ketika si kecil mengalami pilek,maka sangat wajar jika orang tua panik. Pasalnya, tidak hanya menenangkan si kecil yang rewel, orangtua mungkin juga kebingungan dalam mencari obat yang aman. Pada umumnya bayi bisa terserang flu sekitar delapan sampai sepuluh kali dalam dua tahun pertama hidup mereka. Pilek merupakan infeksi akibat rhinovirus yang menyerang saluran pernafasan bagian atas. Bayi dan anak-anak adalah yang paling rentan terkena pilek karena system imunnya masih belum sempurna.

Pada umumnya anak yang kena pilek tidak mengalami gejala dalam 2-3 hari pertama. Gejala pilek baru akan muncul dan menetap selama 10-14 hari. Namun juga tidak menutup kemungkinan anak mengalami gejala yang lebih cepat dari itu. Memberikan obat pada bayi tidak boleh sembarangan, berikut adalah beberapa rekomendasi obat pilek anak yang bisa menjadi referensi Anda untuk mencari obat yang aman khususnya obat pilek anak 1 tahun.

  • Semprotan Hidung atau Cairan Saline

Semprotan hidung atau cairan saline merupakan larutan air garam yang digunakan untuk melembabkan saluran pernafasan dan melunakkan lender (ingus). Dan setelah ingus melunak, sedot cairan pada hidung anak dengan alat sedot ingus. Apabila penggunaannya tepat, semprotan hidung seringkali menjadi obat flu bayi yang aman dan efektif. Obat ini bisa Anda dapatkan di toko obat atau apotek terdekat tanpa harus menyertakan resep dokter. Tetapi pastikan Anda membaca dengan teliti cara penggunaannya. Akan lebih baik lagi jika Anda berkonsultasi langsung dengan dokter.

  • Paracetamol

Sakit kepala dan demam merupakan gejala penyerta pilek yang paling sering dialami bayi dan anak-anak. Paracetamol bisa Anda gunakan untuk meredakan demam pada anak. Paracetamol tersedia dalam banyak varian. Khusus untuk bayi dan anak-anak gunakanlah varian syrup. Dosis penggunaan paracetamol adalah 10-15 mg per kg berat badan untuk sekali minum. Dan biasanya dosisi paracetamol juga disesuaikan dengan umur dan berat badan anak.

Berikan satu dosis obat tiap 4-6 jam saat dipelukan, tidak boleh melebihi 5 dosis dalam 24 jam. Apabila digunakan sesuai aturan pakai, paracetamol jarang menimbulkan efek samping. Obat paracetamol dijual bebas sehingga Anda tidak perlu menebus resep dokter. Tetapi, penting untuk dipahami bahwa paracetamol hanya boleh diberikan pada bayi usia tiga bulan ke atas. Artinya paracetamol bisa digunakan sebagi obat pilek anak 1 tahun ke atas. Perlu juga diperhatikan dosis yang aka diberikan untuk si kecil. Karena jika terlalu banyak konsumsi paracetamol maka akan menyebabkan masalah pada hati.

  • Ibuprofen

Obat ibuprofen juga temasuk dalam daftar obat pilek anak dan bayi. Apabila digunakan denga tepat, obat ini dapat membantu mengurangi gejala demam, pilek dan nyeri pada tubuh anak. Selain dapat meredakan nyeri dan menurunkan demam, ibuprofen juga mampu mengatasi peradangan di dalam tubuh.

Ibuprofen mempunyai kekuatan yang berbeda sesuai dengan dosisnya. Karena itu, dokter pada umumnya akanmeresepkan dosis obat sesuai dengan usia anak. Dosis ibuprofen untuk anak pilek yang demam adalah 5-10 mg/kg berat badan. Ibuprofen tidak boleh diberikan pada bayi 6 bulan ke bawah. Berikanlah sat dosis ibuprofen setiap 6-8 jam sesuai kebutuhan, Sebaiknya diskusikan lebih lanjut dengan dokter untuk takaran dosis yang lebih akurat sesuai dengan kondisi si kecil.

Ibuprofen termasuk ke dalam obat yang lebih kuat dari paraceamol dan bisa menyebabkan efek samping ringan seperti sakit perut, gangguan pencernaan dan mulas. Pada umumnya efek ibuprofen bisa dirasakan 20-30 menit setelah dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *