Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional dan Manfaatnya

zea 0
Perdagangan Internasional

Di dalam kajian ekonomi imternasional, pengertian dan manfaat perdagangan antar Negara atau internasional menjadi pembahasan penting dan paling mendasar. Aktivitas perdagangan dilakukan untuk mendistribusikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. aktivitas ini tidak hanya berlangsung dalam satu Negara saja. Namun juga dilakukan secara internasional (lintas negera) dengan tujuan memenuhi permintaan barang maupun jasa. Dengan semakin majunya tekhnologi, kegiatan perdagangan luar negeri pun semakin meningkat. Berbagai kemudahan ditawarkan terlebih adanya kebijakan perdagangan bebas yang semakin memperluas jangkauan kegiatan ekspor maupun impor.

Dagang merupakan kegiatan pendistribusian barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. sehingga definisi perdagangan luar negeri adalah pendistribusian produk barang maupun jasa dari suatu Negara ke Negara lain. Aktivitas perdagangan internasional dilatarbelakangi oleh tidak semua Negara mampu memenuhi semua kebutuhannya secara mandiri. Karena itu, mau tidak mau harus mendatangkan dari negeri lainnya. Maka terjadilah tersaksi antara dua pihak atau lebih. Transaksi perdagangan tersebut tentunya harus sejalan dengan prosedur dan peraturan yang sesuai kesepakatan. Karena itu akan memberikan manfaat perdagangan internasional yang positif.

Pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas perdagangan internasional ini antara lain individu warga Negara tertentu, masyarakat pemilik perusahaan, badan usaha atau organisasi hingga lembaga pemerintah. Sementara bentuk kegiatannya seperti penjualan barang dan jasa, kerjasama dagang hingga investasi mendirikan perusahaan di Negara lain. Misalnya Anda memiliki produk kerajinan dan mengekspornya ke pasar Erofa hingga Amerika. Untuk contoh lainnya Indonesia membutuhkan alat-alat kesehatan untuk menyediakan layanan kesehatgan kepada masyarakat. Untuk memenuhinya, pemerintah mendatangkan mesin bertekhnologi canggih Negara lain.

Manfaat dari Perdagangan Antar Negara atau Internasional

Ada beragam anfaat yang dapat diterima oleh Negara-negara elaku, perdagangan luar negeri. Baik itu berkaitan dengan aspek ekonomi hingga politik dan sosial. Manfaat terssbut diantaranya adalah :

  1. Memperoleh keuntungan financial
  2. Memperoleh produk yang tidak tersedia
  3. Terciptanya hubungan bilateral dan multilateral
  4. Transfer tekhnologi
  5. Memperluas pasar
  6. Meningkatkan devisa Negara
  7. Meningkatkan kesempatan kerja

Faktor Pendorong Perdagangan Inernasional

Terdapat beberapa kondisi maupun situasi yang melatarbelakangi terjadinya hubungan niaga luar negeri, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menekan Biaya Produksi

Terdapat banyak hal yang kan untuk memperngaruhi biaya produksi, yaitu mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), peralatan tekhnologi, hingga ilmu pengetahuan. Peralatan canggih bertekhnologi tinggi bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi. Tetapi untuk memilikinya tidak jarang perusahaan harus membeli dari luar negeri. Dengan adanya peralatan bertekhnologi tersebut, perusahaan dapat meningkatkan hasil produksi dengan biaya efisien.

  1. Perbedaan Sumber Daya Alam

Di setiap wilyah tentunya memiliki kondisi geografis yang berbeda-beda sehingga berakibat adanya perbedaan sumber daya alam. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya perdagangan luar negeri.

  1. Pemenuhan Kebutuhan Nasional

Sebagai ilustrasi, daerah A adalah penghasil ikan dan hasil laut lainnya, sedangkan daerah B merupakan sentra industri pakaian yang memproduksi berbagai produk fashion. Masyarakat di daerah A membutuhkan pakaian, sementara warga B membutuhkan hasil laut. Untuk memenuhi kebutuhan masing-masing daerah, maka kedua Negara tersebut melakukan jual beli satu sama lain. Ilustrasi tersebut adalah sebuah gambaran sederhana faktor pendorong terjadinya transaksi jual beli internasional.

Dengan adanya hubungan perniagaan skala global, Anda juga dapat berpartisipasi secara aktif di pasar internasional. Kegiatan tersebut dapat memberikan kruntungan yang sifatnya individu maupun nasional serta menguntungkan perdagangan antar Negara lainnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *